top of page

Ini Dia Perbedaan Keunggulan Antara BPJS dengan Asuransi Swasta

TipsKesehatan - Waktu makin banyak orang yang menggerakkan gaya hidup yg tidak sehat, jadi keperluan bakal asuransi kesehatan serta jiwa jadi makin utama. Sekarang ini banyak perusahaan asuransi yang tawarkan beragam program asuransi. Terkecuali dari perusahaan swasta, pemerintah lewat BPJS juga mempunyai program BPJS yang relatif lebih murah dari pada program perusahaan asuransi swasta.


Pada artikel kesempatan ini, kita bakal mengulas mengenai keunggulan serta kekurangan asuransi swasta serta BPJS untuk mempermudah anda mengetahui lebih jauh serta pilih type asuransi mana yang pas untuk Anda pakai.

Ini Dia Perbedaan Keunggulan Antara BPJS dengan Asuransi Swasta

A. Limit Proteksi


BPJS BPJS mempunyai keunggulan yaitu Anda dapat memperoleh perawatan sampai pulih, cuma saja BPJS akan tidak mengcover jika type obat yang didapatkan oleh dokter tidak sama dari yang tercatat di BPJS serta jika Anda menginginkan memperoleh sarana perawatan yang lebih tinggi dari kelas I yang disebut limit optimal service BPJS.


Asuransi swasta Tiap-tiap program asuransi swasta mempunyai limit proteksi yang bergantung dari nilai premi yang dibayarkan. Makin mahal preminya, jadi makin banyak proteksi yang diperoleh, demikian halnya demikian sebaliknya. Tetapi, bila Anda melebihi limit proteksi, jadi Anda butuh membayar sendiri selisih biayanya.


B. Faedah yang bakal di dapat


BPJS Keunggulan dari BPJS yaitu dapat memberi proteksi kesehatan yg tidak dicover asuransi swasta. BPJS memberi proteksi pada perawatan gigi, ibu hamil, kesehatan mata, bahkan mengcover imunisasi serta KB.


Asuransi swasta Beberapa besar asuransi swasta tawarkan semuanya sarana yang ada dirumah sakit, seperti rawat inap, operasi, obat serta dokter. Umumnya untuk rawat jalan, Anda mesti membayar premi yang lebih mahal. Tetapi, asuransi swasta tak mengcover perawatan gigi, perawatan ibu hamil serta mata.


C. Harga Premi


BPJS Tidak sama dengan perusahaan asuransi swasta, BPJS tak membedakan umur dari pemakai BPJS, diluar itu BPJS juga tak membedakan peserta yang merokok atau tak, serta tak dibedakan pada lelaki atau wanita. Program dari pemerintah ini membedakan servicenya jadi 3 kelas, yaitu. Kelas III Rp. 30. 000/bulan Kelas II Rp. 51. 000/bulan Kelas I Rp. 80. 000/bulan


Asuransi swasta Tiap-tiap asuransi swasta memiliki harga yang beragam bergantung dari program yang diikuti peserta. Makin banyak proteksi yang diperoleh, jadi makin besar juga nilai premi yang dibayarkan oleh peserta. Di bawah ini harga standard premi pada asuransi swasta. Rp. 350. 000/bln. untuk umur 1-20 tahun Rp. 350. 000/bln. untuk umur 21-30 tahun Rp. 350. 000-500. 000/bln. untuk umur 31-40 tahun Rp. 1. 000. 000/bln. untuk umur 41-50 tahun Rp. 1. 500. 000-3. 000. 000/bln. untuk umur 51-60 tahun


Jika Anda menginginkan memperoleh proteksi yang lebih komplit lagi, jadi nilai di atas dapat dinaikkan oleh pihak asuransi supaya Anda dapat memperoleh sarana yang anda kehendaki.


D. Rumah Sakit


BPJS Tak seperti asuransi swasta, pemakai BPJS mesti lewat alur penyembuhan dari bawah terlebih dulu, yaitu dari mulai puskesmas atau klinik, lalu bila tak dapat diakukan jadi Anda bakal memperoleh referensi untuk dirawat dirumah sakit spesifik.


Asuransi swasta Asuransi swasta mempunyai kebijakan yang tidak sama berkaitan dengan rumah sakit yang bekerja bersama dengan mereka. Baiknya tanyakan pada agen, rumah sakit mana saja yang bekerja bersama dengan asuransi itu. Atau umumnya, anda cuma butuh tunjukkan invoice pembayaran pada agen asuransi anda supaya klaim anda di terima.


E. Wilayah


BPJS Peserta BPJS cuma dapat memperoleh service kesehatan didalam negeri saja.


Asuransi swasta Asuransi swasta mempunyai kelebihan dengan dapat memberi proteksi ketika peserta diluar negeri, hal semacam ini karena umumnya yang memiliki perusahaan asuransi swasta yaitu pihak asing.


F. Investasi serta Asuransi Jiwa


BPJS BPJS cuma fokus pada service kesehatan pada pesertanya, jadi akan tidak ada faedah investasi di dalamnya. Untuk Anda yang masihlah belum ambil langkah ingin mengambil asuransi swasta atau BPJS, mudah-mudahan dengan membaca artikel ini dapat memperoleh info yang cukup untuk memastikan jadi peserta BPJS atau asuransi swasta, atau keduanya.


Asuransi swasta Asuransi swasta mempunyai kelebihan dengan memadukan asuransi serta investasi. Peserta asuransi swasta terkecuali memperoleh faedah dari proteksi kesehatan, akan memperoleh faedah dari investasi.

bottom of page